ILMU SOSIAL DASAR


ILMU SOSIAL DASAR
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KEDISIPLINAN



Disusun oleh :

Alimy Kurnnia Alam                         (10118566)
Bhaktiaji Ilham Mabruri                    (11118414)
Diaz Aryanta Tarigan                         (11118893)
Helmi Selo Darnawan                       (13118107)
Raka Aditya                                       (15118859)

1KA16

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM INFORMASI
2018/2019







KATA PENGANTAR

    Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNYA dan karunia yang tiada henti-hentinya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
         
    Isi dan pemaparan makalah ini adalah tentang Microsoft Windows Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
         
     Makalah ini mungkin masih banyak kekurangan baik dari segi tulisan maupun materi. Untuk itu, saran dan kritik yang bersifat membangun senantiasa penyusun terima dengan hati terbuka. Semoga tulisan dari makalah ini dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.
         
    Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih kepada segenap rekan semua yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.




Depok, November 2018



Penyusun


                                                                     

                                                             DAFTAR ISI



Kata Pengantar................................................................................................................... i
Daftar Isi............................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. 1
I.A Latar Belakang............................................................................................................ 1
I.B Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
I.C Tujuan Penelitian........................................................................................................ 1
BAB II ISI......................................................................................................................... 2
II.A Pengertian Game Online............................................................................................ 2
II.B Faktor Kecanduan Game Online............................................................................... 5
II.C Dampak Game Online............................................................................................... 7
II.D Upaya Pencegahan Kecanduan................................................................................. 11
BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 12
III.A Kesimpulan.............................................................................................................. 12
III.B Saran......................................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................ 13


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
          Dengan dunia yang berkembang terus dan menerus, bisa kami saksikan bahwa perkembangan teknologi dapat membawakan dampak baik maupun buruk bagi kedisiplinan masyarakat. Dengan teknologi zaman sekarang, masyarakat dapat menggunakan fasilitas teknologi seperti Internet untuk kemudahan sehari-hari. Karena adanya smartphone atau laptop masyarakat dapat bermain Game Online di mana saja yang ia ingin. Kami akan menjelaskan dampak-dampak baik dan buruk bagi masyarakat jika menggunakan teknologi ini di kehidupan sehari-hari.
          Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Yang mendominasi  memainkan game online adalah kalangan pelajar, mulai dari  SD, SMP, SMA hingga PERKULIAHAN. Pelajar yang sering memainkan suatu game online, akan menyebabkan ia menjadi ketagihan atau kecanduan. Ketagihan memainkan game online akan berdampak buruk, terutama dari segi akademik dan sosialnya. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game Online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.


B.     Rumusan Masalah

      1.      Apa yang dimaksud dengan Game Online
      2.      Apa faktor penyebab kaum remaja kecanduan Game Online?
      3.      Apa dampak dari Game Online?
      4.      Bagaimana terlepas dari kencanduaan Game Online?


C.    Tujuan penelitian

      1.      Untuk memahami dampak dari Game Online
      2.      Untuk memahami apa yang dimaksud Game Online
      3.      Untuk memahami kaitan Game online dengan kehidupan remaja sehari-hari
      4.      Untuk memahami penyebab kaum remaja kecanduan Game Online




             BAB II           
PEMBAHASAN

   A.    Pengertian Game Online

Dengan dunia yang berkembang semakin serta menerus, bisa kita saksikan bahwa perkembangan teknologi bisa membawakan akibat baik maupun kurang baik bagi kedisiplinan masyarakat. Dengan teknologi zaman sekarang, masyarakat bisa memakai fasilitas teknologi semacam Internet untuk kemudahan sehari-hari. Sebab adanya device alias laptop masyarakat bisa bermain Game Online di mana saja yang ia ingin. Kita bakal membahas akibat-akibat baik serta kurang baik bagi masyarakat apabila memakai teknologi ini di kenasiban sehari-hari.

Arti Game Online alias Online Games adalah sebuah permainan yang dimainkan di  dalam sebuahjaringan internet. Game yang berbasis elektronik serta visual yang mekegunaaankan teknologi media visual elektronik serta game online menyediakan server-server tertentu supaya bisa dimainkan,

Game online sendiri tak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer serta jaringan komputer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri adalah cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) hingga menjadi internet serta semakin berkembang hingga sekarang.

Game adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab  nilai anak turun, anak tidak sanggup bersosialisasi, serta perbuatan kekerasan yang diperbuat anak. Game juga adalah salah satu keperluan yang menjadi persoalan besar bagi pemakai komputer, sebab untuk bisa memainkan game dengan enjoy, semua komponen komputernya wajib mempunyai nilai yang baik, khususnya VGA card-nya. Jadi, sebelum bermain game sebaiknya memeriksa terlebih dahulu keadaan komputer.



Sejarah Perkembangan Game Online

Perkembangan Game Online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan komputer yang dahulunya berskala kecil (Small Local Network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Game Online saat ini tidaklah sama seperti ketika game online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, komputer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah komputer dengan kemampuan Time-Sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di satu ruangan yang sama (Multiplayer Game).


Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan komputer berbasis paket (Packet Based Computer Networking), jaringan komputer tidak hanya sebatas LAN (Local Area Network) saja tetapi sudah mencakup WAN (World Area Network) dan menjadi Internet. Game Online pertama kali muncul kebanyakan adalah game simulasi perang. Game ini kemudian menginspirasi game-game lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai Game Online semakin cepat

Perkembangan game online tidak bisa dipisahkan dari perkembangan game dari generasi ke generasi. Game generasi pertama muncul Atari 2600, game ini merupakan game yang rilis tahun 1977 yang lebih dikenal dengan VCS (Video Computer System), lalu muncul game generasi kedua hadir dengan Atari 7800 tahun 1986, kemudian generasi ketiga muncul lah NES (Nintendo Entertaiment System). Generasi keempat adalah playstation hingga game generasi sekarang yaitu game online yang hadir dengan koneksi internet misalnya game counter strike, age of empires, clash of clans, dan lain-lain. Perubahan game dari generasi ke generasi sangat berpengaruh terhadap para pemainnya yang sering disebut gamers, para gamers berlomba-lomba untuk memiliki dan memainkan game online yang mereka senangi tersebut

Permainan Online jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha gamecentre,  berjualan   voucher   permainan,   atau  bahkan   melakukan  transaksi   jual  belimelalui permainan

Game online memiliki banyak tipe, diantaranya :

·    FPS, Real-Time Strategy, Cross-PlaTorm Online, Browser Games, dan Massive Multiplayer Online Games. First Person Shooter atau biasa disingkat dengan FPS adalah permainan dengan mengambil sudut pandang orang pertama sehingga menimbulkan kesan seolah kita sendirilah yang memainkan peran dalam permainan tersebut dengan memegang senjata yang biasanya adalah pistol atau senapan.
·         Real-Time Strategy adalah pennainan yang menekankan pada strategi pemain dalarn memainkan pemninannya dan umumnya dalam permainan tipe ini, pemain memainkan lebih dari satu karakter.
·         Cross-Plaoronn Online adalah pemminan yang dapat dimainkan dengan perangkat keras yang berbeda.
·         Browser Games adalah permainan yang dimainkan pada browser seperti Chrome maupun Firefox, biasanya dengan syarat browser yang digunakan sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
·     Massive Multiplayer Online Games atau biasa disebut dengan MMORPG adalah permainan yang merniliki skala besar dan dapat menampung banyak pemain sekaligus dalam suatu dunia virtual dan para pemain dapat berinteraksi secara langsung



Jenis game berdasarkan alat yang dipakai :

     1. Arcade games.
Game yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah khusus serta mempunyai box alias mesin di design untuk tipe video games tertentu serta sering mempunyai fitur yang bisa membuat pemainnya lebih merasa berada dalam game itu serta menikmati seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan serta stir mobil (beserta transmisinya).

     2. PC Games.
yaitu video game yang dimainkan memakai Personal Computers.

     3. Console games.
yaitu video games yang dimainkan memakai console tertentu, semacam Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, serta Nintendo Wii.
    
    4. Handheld games.
yaitu game yang dimainkan di console khusus video game yang bisa dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS serta Sony PSP.

    5.  Mobile games.
yaitu game yang bisa dimainkan  khusus untuk mobile phone.



















B.     Faktor Kecanduan Game Online
          Kecanduan game online bisa dikarenakan oleh banyak faktor, serta yang paling umum merupakan keinginan untuk mempertinggi level dalam permainan. Faktor ini dikarenakan ssemakin bermain game online, kualitas yang diperoleh akan semakin banyak, serta objek yang dimainkan akan semakin banyak juga.  Penyebab umum lainnya merupakan sebab efek globalisasi serta Kurangnya pengawasan orang tua.
          Video game sebagai perkembangan teknologi di era modern ini pasti butuh disikapi dengan beberapa aspek  positif serta negatif menurut penggunannya. Sebagai manusia yang menerima perubahan, butuh adanya pembatasan-pembatasan mengenai sejauh mana akibat negatif yang diakibatkan.
          Terdapat faktor internal serta ekstemal yang menyebabkan remaja kecanduan bermain game online. Faktor-faktor intemal yang bisa menyebabkan kaum remaja kecanduan game online, antara lain:
  1.      Keinginan yang kuat untuk mendapatkan kualitas yang tinggi dalam game online, sebab game online dirancang sedemilcian rupa supaya pemainnya terus penasaran serta terus ingin mendapatkan kualitas yang lebih
   2.      Rasa bosan ketika berada di rumah alias di sekolah.
   3.      Ketidakmampuan mengatur prioritas.
   4.      Tak lebihnya self control, jadi remaja tak lebih bisa mengantisipasi akibat negatif yang muncul dari bermain game online dengan cara berlebihan.
          Sedangkan Faktor eksternal yang bisa menyebabkan remaja kecanduan game online, diantaranya:
   1.      Menonton kawan-kawannya yang tak sedikit bermain game online.
  2.      Tak mempunyai hubungan sosial yang baik, jadi remaja memilih pilihan bemain game online sebagai aktivitas yang menyenangkan.
   3.      Menjamurnya warung intemet baik di perkotaan maupun pedesaan jadi mempermudah jalan masuk game online.

          Kecanduan game online juga menunjukan gejala khusus pada diri remaja. Gejala-gejala tersebut dapat dibedakan menjadi gejala fisik dan gejala psikologis atau perilaku.
Gejala psikologis remaja kecanduan game online, antara lain:
   1.      Lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online.
   2.      Tertidur di sekolah atau kelas.
   3.      Sering melalaikan tugas.
   4.      Berbohong tentang lama waktu yang dihabiskan bermain game online.
   5.      Lebih memilih bermain game online dari pada bersosialisasi
   6.      Menjauhkan diri dari kelompok sosial.
   7.      Merasa cemas dan mudah marah jika tidak bermain game online.

          Sedangkan gejala-gejala fisik yang di tunjukan oleh remaja yang kecanduan game online, antara lain:
   1.      Gangguan Pergelangan tangan karensa saraf tertekan, misalnya jari-jari tangan menjadi kaku.
   2.      Mengalami gangguan tidur.
   3.      Sakit Punggung atau nyeri leher.
   4.      Sakit kepala.
   5.      Mata kering.
   6.      Makan tidak teratur dan kurang nafsu makan.
   7.      Mengabaikan kebersihan diri


   C.    Dampak dari Game Online
     Game online mempunyai beberapa macam akibat. Tak hanya akibat negatif, tapi game online juga mempunyai akibat positif. Akibat postif bermain game online dengan cara umum merupakan membikin remaja menjadi cerdas, sebagai hasil dari pengambilan keputusan, daya analisa, serta pembuatan taktik dalarn game tersebut. Sedangkan akibat negatifnya dengan cara umum merupakan membuat remaja bersikap antisosial serta tak sanggup membikin skala prioritas. Tak jarangkali juga faktor ini menyebabkan remaja mengabaikan tangung jawabnya sebagai pelajar.

AKIBAT POSITIF BERMAIN GAME ONLINE ANTARA LAIN :

·         Penggunaan Bahasa Inggris
     Salah satu permainan yang cukup popular di kalangan anak-anak adalah Game Online dan Game Konsol. Permainan ini biasanya dibuat oleh perusahaan luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris. Saat memainkannya, anak secara tak langsung diharuskan untuk menguasai Bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan tantangannya. Ini adalah cara yang menyenangkan bagi anak untuk belajar bahasa, karena tidak membebani mereka untuk duduk diam dan belajar.

  •           Melatih Logika
     Game bergendre strategi. Saat bermain, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memanangkan game tersebut. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah yang dihadapi.


  •           Melatih Kemampuan Spasial
     Melalui permainan, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan visualisasi akan terasah atau terlatih. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung anak-anak. Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak.


  •          Pengenalan Teknologi
     Game Online dan Game Konsol secara tak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami teknologi informasi yang sedang berkembang sekarang ini.




  •          Kemampuan Membaca
     Bagi anak yang belum lancar membaca, Game Konsol bisa jadi alat bantu yang tepat untuk membantu anak belajar membaca. Beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narrator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.


  •          Melatih Kerjasama
     Pada Game Multiplayer atau game berpasangan, anak diajak untuk bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan teman-temannya ( anggota di dalam permainan ).


  •          Stimulasi Otak
     Para pemain bisa membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan scenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreativitas mereka.


  •          Mengembangkan Imajinasi
     Permainan bisa membantu anak untuk mengembangan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk meyeimbangkan berbagai kejadian dalam game dan diaplikasikan di dunia nyata ( yang relevan dan positif ).


  •          Belajar Ekonomi
     Banyak game yang mengajarkan anak nilai-nilai ekonomi, misalkan permainan berbelanja, mengatur restoran, dan lain-lain. Permainan ini mengajarkan nilai uang dengan cara mendapatkan uang dan menukarkannya dengan objek atau barang yang bisa memfasilitasi dalam bermain game tersebut.


  •          Meningkatkan Interaksi Keluarga
     Game tidak hanya bisa dimainkan oleh anak, tapi juga orang tua. Tak ada salahnya untuk sesekali bergabung dengan anak untuk bermain bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini akan meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga.


Tetapi apabila remaja dibiarkan terlalu sering bermain game online, faktor ini bakal berakibat negatif bagi diri remaja tersebut.

AKIBAT NEGATIF DARI GAME ONLINE ADALAH :



  •          Menimbulkan Adiksi (Kecanduan)
Sebagian besar game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis pemain game.


  •         Mendorong melakukan hal-hal negatif
Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan menggunakan keylogger, software cracking dll.Bentuk pencurian ini tidak hanya terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
  •       Berbicara kasar dan kotor
Entah ini terjadi di seluruh dunia atau hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di warnet-warnet diberbagai kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain di warnet atau game center.


  •          Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata
Keterikatan pada waktu penyelesaian tugas di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan menjadi terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.


  •          Perubahan pola makan dan istirahat
Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah pada malam-pagi hari).


  •      Pemborosan
Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.

  •         Menggangu kesehatan
Duduk terus menerus didepan komputer selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh

  •          Eye Strain
adalah kelelahan mata yang terjadi karena penggunaan mata secara berlebihan, melihat obyek yang sama secara terus menerus misalnya layar komputer, TV, mikroskop dan mengendarai mobil. Pada online gamers selain melihat monitor terus menerus, mata juga semakin jarang berkedip yang justru menambah kelelahan.

  •         Ambeien
Duduk dalam jangka waktu lama dapat menganggu sirkulasi darah dan menekan pembuluh darah vena disekitar anus, menimbulkan penonjolan pembuluh darah yang terasa panas dan sakit yang disebut ambeien atau wasir.

  •          Carpal Tunnel Syndrome
adalah penyakit yang disebabkan karena tekanan dan ketegangan pada saraf di pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan pergerakan untuk bagian tangan dan jari. Tekanan dan ketegangan ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau kerusakan otot pada tangan dan jari

  •          Menurunkan Metabolisme
Duduk tanpa aktifitas fisik terlalu lama membuat otot tidak melakukan aktifitas yang berakibat menurunnya metabolisme. Dalam jangka panjang dampaknya diantaranya menurunnya massa otot, kegemukan, menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit. Sebenarnya ini efek-efek yang ditimbulkan diatas tidak terbatas pada game online saja tetapi juga bisa terjadi pada sebagian besar orang yang memainkan konsol game atau game pada ponsel pintar karena pada dasarnya kebanyakan game dibuat supaya pemainnya ingin memainkannya secara berulang-ulang dan kecanduan, tetapi dampaknya lebih besar pada online gamers karena tingkat kecanduan yang tinggi.


   D.    Upaya untuk berhenti kecanduan Game Online
Kecanduan bermain game online bisa diatasi serta dihentikan dengan cara-cara berikut ini, yakni:
   1.   Bersungguh-sungguh
Niat dari dalam diri sendiri yaitu bersungguh-sungguh alias berjanji dengan diri sendiri tak bakal main game online lagi, awalnya tentu susah untuk melakukannya, tapi seiring dengan waktu tentu bisa.

   2.   Memiliki pikiran hemat
Dengan membuat perhitungan banyaknya uang yang dihabiskan untuk bermain game online di warnet akan membuat seseorang berpikir untuk tak menghabiskan uangnya demi game online.

   3.   Mencari aktivitas lain
Mencari aktivitas positif serta lebih berguna khususnya kebiasaan yang disukai, semacam berolahraga, membaca buku alias berekreasi untuk mengurangi waktu kosong serta sebagai pengganti game online.

   4.      Membatasi waktu bermain game online
Mengurangi waktu bermain game online dengan mulai menentukan jam bermain serta hari bermain serta mengusahakan diri untuk mematuhi jadwal tersebut.

   5.      Merminta Bantuan orang terdekat
Meminta orang terdekat menjadi pengingat setiap kali hendak ke warnet alias ingin bermain game online supaya bisa mengurangi kegiatan tersebut.

Hal-hal yang dapat dilakukan orang tua :


  • Bekerjasama dengan guru di sekolah untuk turut memantau perkembangan belajar siswa.
   ·   Menjalin komunikasi informal agar seorang anak bisa terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bisa memberikan pendidikan pada seorang anak tanpa sang anak merasa dihakimi
   ·  Belajarlah tentang game online. Sehingga Anda bisa berdiskusi dengan anak Anda tentang permainan tersebut. Jika ini bisa terjadi, anak tidak akan perlu mencari pelarian dengan kawan-kawannya untuk sekedar berdiskusi tentang permainan game online. Sehingga anak bisa lebih betah di rumah karena bisa mendapatkan kawan mengobrol yang memahami dunia mereka.
   ·  Berikan waktu khusus bermain game online, dan tegasi anak Anda untuk tidak bermain di luar waktu yang sudah disepakati. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak sekedar melarang, namun memberikan kelonggaran. Di sisi lain Anda mengajarkan anak Anda untuk bertanggung jawab pada waktu yang dimilikinya.





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
     Game Online adalah suatu jenis permainan yang dimainkan dengan memanfaatkan jaringan computer baik, Local Area Network(LAN) maupun Internet.Game memang mempunyai banyak manfaat bagi remaja untuk menggunakan daya pikirnya. Game online dalam perkembangannya yang sangat pesat memiliki dampak positif dan negative. Salah satu dampak negatifnya yaitu membuat remaja ataupun pelajar menjadi kecanduan dan lupa waktu. Namun hal ini tentunya dapat diatasi dengan beberapa cara, yakni niat untuk berhenti dan perubahan pola piker dari remaja tersebut agar mau berubah.

B.     Saran
     Bagi remaja itu sendiri hendaknya menyadari bagaimana waktu itu sangat berharga sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Pengurangan Waktu bermain game hendaknya bias dilakukan dengan perlahan dan dengan niat diri sendiri.
     Perkembangan teknologi jaman modern, ini kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik jangan sampai terbodohi oleh teknologi itu sendirim gunakan kemajuan teknologi itu sebagai kemudahan dalam memperoleh informasi dan sarana belajar.




DAFTAR PUSAKA








Comments